Berita  

Danpuslatpurmar-8 Teluk Ratai Bina Fisik Dan Mental Prajuritnya

Danpuslatpurmar-8 Teluk Ratai Bina Fisik Dan Mental Prajuritnya

TINTAINFORMASI.COM, PESAWARAN — Mengawali kerja setelah selesai libur long weekend, Komandan Puslatpurmar-8 Teluk Ratai, Mayor Marinir Fuzi Nugraha, S.E., M.Tr. Opsla memimpin para pelatihnya melaksanakan samapta dan mengikuti jam Komandan di Mako Krakatau Puslatpurmar-8 Teluk Ratai, Teluk Pandan, Kab. Pesawaran, Lampung, Senin (08/08/2022).

Seorang Komandan harus bertanggung jawab penuh untuk membina fisik dan mental yang kuat prajuritnya sebagai modal dasar yang harus dimiliki setiap prajurit untuk melaksanakan tugas – tugas pokok TNI sebagai garda terdepan pertahanan Negara dari gangguan atau ancaman dari luar maupun dari dalam NKRI.

Salah satu bentuk pembinaan fisik tersebut yaitu dengan melaksanakan samapta dengan tujuan selain membina fisik juga untuk menguji kemampuan baik perorangan dan secara keseluruhan sebagai tolak ukur dan bahan evaluasi satuan dalam menghadapi tugas dan tanggung jawab kedepan yang lebih besar terhadap satuan, Bangsa dan Negara.

Bagian dari pembinaan mental, Danpuslatpur memberikan jam Komandan setelah selesai pelaksanaan samapta, pada kegiatan ini Komandan menyampaikan beberapa informasi baik yang bersifat positif maupun negatif.

Informasi positif diantaranya keberhasilan prajurit yang sukses melaksanakan penugasan, informasi negatif yaitu tentang pelanggaran prajurit di seluruh jajaran TNI – AL khususnya di Korps Baret Ungu Marinir untuk menjadi bahan evaluasi yang positif untuk satuan sebagai pertanggung jawaban terhadap komando atas.

Disela – sela rangkaian kegiatan untuk memberikan semangat dan menunjukkan kekompakan Mayor Fuzi Nugraha memanggil perorangan untuk memimpin yel – yel dengan ide dan gaya sendiri dan di ikuti seluruh prajurit, kegiatan di akhiri dengan sesi tanya jawab.

Danpuslatpur juga berpesan, agar membina dan menjaga keluarga dan selalu meningkatkan keimanan, hal ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM, tentang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME sebagai landasan dalam pengabdian sebagai Prajurit Jalasena yang memegang teguh nilai – nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI AL.