Berita  

DPC Peradi SAI Lampung Angkatan III Gelar PKPA, Mas Arizona : Ini Dasar Penting

DPC Peradi SAI Lampung Angkatan III Gelar PKPA, Mas Arizona : Ini Dasar Penting

TINTAINFORMASI.COM, BANDAR LAMPUNG – DPC PERADI SAI Lampung langsungkan pendidikan khusus profesi advokat (PKPA) hari sabtu 27 Agustus 2022 sampai dengan 4 September 2022 yang bekerjasama dengan Unila (Universitas Lampung).

Pelatihan PKPA diawali dengan sambutan secara online oleh ketua panitia PKPA III Andi Lian S.H.,M.H., dilanjutkan Sekjen Peradi SAI DR.A Patra M Zen S.H, LLM., kemudian oleh Dekan Fakultas Hukum Unila DR.M Fakih MS S.H, M.H.

Kegiatan profesi itu dikuti sebanyak 23 peserta dan dilangsungkan di sekretariat Peradi SAI Lampung yang berada di Jl.Griya Sentosa blok S nomor 4, Way halim permai, Kota Bandar Lampung (Kantor Hukum Arizona).

Turut hadir secara langsung ketua panitia PKPA III Andi Lian S.H.,M.H., Ketua DPC Peradi SAI Lampung Oktonoventa S.H, M.H., Sekretaris Peradi SAI Lampung Joni Anwar S.H,M.H dan Bendahara DPC Peradi SAI Lampung Mas Ariona SH.

Ketua DPC Peradi SAI Lampung Oktonoventa S.H.,M.H dalam wawancaranya mengatakan, gelaran PKPA oleh Peradi SAI Lampung bertujuan agar peserta nantinya dapat meningkatkan ketrampilan dan keahlian dibidang hukum.

Tambahnya, Pendidikan dilaksanakan mengingat masih tingginya minat dan kepercayaan para lulusan sarjana hukum untuk menjadi Advokat melalui organisasi PERADI yang lahir dari undang-undang.

Selain itu, Undang undang Nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat, telah jelas memberikan amanah bagi PERADI (Perhimpunan Advokat Indonesia) untuk menyelenggarakan PKPA yang juga telah dipertegas dalam putusan Mahkamah Konstitusi atas Perkara Nomor: 35/PPUXVII/2018 Tanggal 28 November 2019.

Putusan  tersebut menguatkan Peradi sebagai Organisasi Advokat (OA) sebagai Single Bar dan mengembalikan Wewenang Peradi sebagai OA di dalam UU Advokat, salah satunya menyelenggarakan PKPA.Jelasnya, Sabtu (27/8/22)

Dalam kesempatan itu juga Joni Anwar S.H.,M.H.,Selaku Skretaris menjelaskan PKPA merupakan suatu syarat untuk menjadi advokat yang mana disitu para peserta akan mendapatkan materi-materi yang sudah disiapkan dan dijadwalkan.

“Kita menyelenggarakan PKPA. Penyelenggaraannya dilangsungkan mulai 27 Agustus sampai 04 September 2022 dengan komitmen dan peraturan”. Kata Joni Anwar.

Dalam kesempatan yang sama Mas Ariona S.H., Selaku bendahara Peradi SAI Lampung menjelaskan, pendidikan khusus ini penting, karena ilmu yang disampaikan dalam kegiatan pendidikan tersebut sangat mendasar dan menjadi modal para calon untuk menjadi advokat yang profesional dan berkualitas.

Dimana dalam pendidikan tersebut disampaikan sejumlah materi terkait hukum acara, dengan tenaga pengajar dari akademisi dan praktisi.

Meski PKPA ini dikhususkan bagi para calon advokat, bukan berarti para lulusan sarjana hukum, yang tidak menjadi Advokat tidak dapat mengikuti pendidikan ini.

Karena pendidikan ini sangat penting, agar mereka dapat memahami jika nantinya timbul permasalahan hukum, baik yang berkaitan dengan dunia usaha dan bisnis yang mereka lakukan, maupun bagi mereka yang bertugas sebagai “Legal Act” di institusi maupun perusahaan tempat mereka bekerja.Ujar Mas Ariona.

Bagi mereka yang berminat mengikuti PKPA dapat langsung mendatangi sekretariat Mas Ariona (Kantor Hukum Arizona).(Mzr)