Berita  

Parosil Bupati Lambar di Nobatkan Sebagai Warga Kehormatan PSHT

Parosil Bupati Lambar di Nobatkan Sebagai Warga Kehormatan PSHT

TINTAINFORMASI.COM, LAMPUNG BARAT – Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus dinobatkan sebagai Warga Kehormatan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Lambar NIC. 068 Pusat Madiun pada saat digelarnya wisuda 585 warga baru di Padepokan PSHT setempat, Kelurahan Way Mengaku, Sabtu (6/8/2022) malam.

Dasar penobatan tersebut karena ia dinilai telah banyak memberikan kontribusi dan dukungan serta pembinaan terhadap organisasi pencak silat dimaksud dalam kurun waktu dewasa ini.

Hal tersebut sebagaimana bunyi putusan dalam SK yang dikeluarkan pimpinan pusat dengan Kemenkumham RI: IDM 000142231 dan IDM 000142233 Nomor – AHU 0001626.AH.01.07.Tahun 2022. Nomor: P.068.1/SK/PP-PSHT.000/VIII/2022 yang ditandatangani ketua Umum R. Moerdjoko dan Ketua Dewan Pusatnya yang dibacakan melalui pembina PSHT Provinsi Lampung, Supeno.

“Penobatan ini berdasarkan perhatian, bantuan serta dukungan yang telah diberikan dalam rangka memberikan pembinaan budaya pencak silat dan budi luhur PSHT,” ujar Supeno.

Selain itu katanya, Parosil Mabsus dinilai telah turut serta memberikan contoh kepada masyarakat luas yang selaras dengan nilai spiritual yang terkandung dalam organisasi terkait.

“Dalam rangka menumbuhkan sikap keteladanan dan keluhur,an budi guna meningkatkan peran serta pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara khususnya keluarga besar PSHT,” terangnya.

Dalam kesempatan diatas, seremonial penobatan tersebut ditandai dengan pemakaian baju sakral PSHT dan SK penobatan yang diserahkan oleh Ketua Cabang PSHT Lambar, Sugiono Adi Pranoto.

Sementara itu, Parosil Mabsus menyambut baik dan mengapresiasi penobatan warga kehormatan yang diberikan kepadanya.

Ia mengatakan, bakal turut serta menyelaraskan peranan dan fungsi PSHT di tengah masyarakat.

Karena menurutnya, PSHT memiliki tanggung jawab yang besar sebagai organisasi beladiri yakni salahsatu garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Mengingat, PSHT selama i ni telah memberikan kontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat yang ada di Bumi Beguai Jejama Sai Betik ini,” ungkap Parosil Mabsus dalam sambutannya.

Sehingga hematnya, bukan perkara mudah mengajak insan lainnya untuk berpartisipasi pada organisasi yang membutuhkan energi dan kedisiplinan yang tinggi.

Kendati demikian dalam kacamata Pakcik sapaan Parosil Mabsus, justru PSHT saat ini semakin dicintai dan berkembang pesat hingga ke pelosok daerah dan sumbangsihnya telah diakui masyarakat.

“Hal ini membuktikan bahwa PSHT bukan hanya milik satu golongan tetapi milik NKRI, olehkarenanya sebagai warga kehormatan saya mengajak kepada seluruh warga PSHT dan pendekar agar konsisten setia kepada NKRI serta turut menjaga Kamtibmas demi menciptakan keamanan dan kenyamanan,” ajaknya.

Sebelumnya, Ketua Cabang PSHT Lambar, NIC. 068 Pusat Madiun, Sugiono Adi Pranoto, mengatakan pengesahan warga baru PSHT 2022 tersebur bertepatan dengan usia satu abadIa mengutarakan, adanya pandemi covid-19 merupakan ujian seluruh lintas sektoral di belahan dunia khususnya Indonesia, dan khususnya PSHT.

“Alhamdulillah saat ini kita sudah bisa melaksanakan kegiatan ini seperti biasa, mudah-mudahan Corona (covid-19) segera hilang dari Indonesia,” ucapnya.

Dikatakan Sugiono Adi Pranoto, ia menghaturkan terimakasih atas peranan pelatih yang tersebar di 15 Kecamatan (ranting) setempat selama satu terahir. Pasalnya, telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran dalam membina calon warga. PSHT.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelatih di seluruh Lambar yang telah melatih seluruh siswa hingga mereka bisa di sahkan mudah-mudahan pengorbanan nya bisa di balas oleh Allah,” tukasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan unsur Forkopimda dan organisasi lintas sektoral lainnya. (Satoris)