Berita  

Bimbingan Pra Nikah TNI AL Kepada Prajurit Bujangan Brigade Infanteri 4 MAR/BS

Bimbingan Pra Nikah TNI AL Kepada Prajurit Bujangan Brigade Infanteri 4 MAR/BS

TINTAINFORMASI.COM, PESAWARAN — Prajurit Bujangan atau lebih tepatnya prajurit Tidur Dalam (TD) Kompi Markas Brigade Infanteri 4 Marinir/BS (Kima Brigif 4 Mar/BS) mengikuti pembekalan ilmu Pra-nikah Prajurit TNI AL tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Disbintalal) secara daring dari Gedung R.A Kartini Mako Brigif 4 Marinir/BS Piabung, Padang Cermin, Pesawaran Lampung. Rabu, (21/9/2022).

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh peserta dan dilanjutkan dengan paparan yang disampaikan oleh Kadisbintalal, Brigjen TNI (Mar) Sandy M. Latief S.IP. dari Mabes TNI Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur.

Acara yang diikuti oleh jajaran Satuan TNI Angkatan Laut seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke ini, bertujuan untuk membantu memberikan informasi tentang hubungan dalam ikatan pernikahan guna mempersiapkan pernikahan yang harmonis, sehingga diharapkan dapat mengurangi angka perselisihan, kekerasan dan perceraian dalam berumah tangga karena keluarga yang bahagia dapat menyemangati prajurit dalam melaksanakan tugas pokok TNI AL.

Kadisbintalal menyampaikan, “Pelajaran kehidupan berumah tangga nyaris tidak dapat diperoleh pada saat sekolah maupun kuliah di perguruan tinggi, sementara kehidupan keluarga memiliki peran dalam mendukung keberhasilan tugas para prajurit di satuan. Dengan diselenggarakan kegiatan Bimbingan Pra Nikah diharapkan dapat mengantisipasi permasalahan yang sering terjadi dalam kehidupan keluarga prajurit sebagai upaya menjaga keseimbangan kondisi mental guna menghadapi dinamika penugasan.“ Pungkas Kadisbintalalal.

Pada kesempatan yang sama di tempat yang berbeda Danbrigif 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Harry Indarto S.E., M.M. menyampaikan, “proses mewujudkan sebuah keluarga bahagia, pada dasarnya memiliki sikap saling memahami tugas masing-masing. Keluarga bahagia adalah keluarga yang berlandaskan rasa keterbukaan, karena secara kodratnya tidak ada keluarga yang berjalan mulus tanpa konflik, dan yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan bijak.“ ucap Komandan Brigif 4 Mar/BS.

Kegiatan ini sejalan dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu Berani berubah menjadi lebih baik dengan meninggalkan budaya rutinitas yang tidak produktif.