Berita  

Menghabiskan Anggaran Puluhan Miliar, Gedung Perpustakaan Lampung Mangkrak Selama 4 Tahun

Menghabiskan Anggaran Puluhan Miliar, Gedung Perpustakaan Lampung Mangkrak Selama 4 Tahun

TINTAINFORMASI.COM, BANDAR LAMPUNG — Gedung Perpustakaan Daerah Provinsi Lampung, yang dibangun dengan dana puluhan miliaran rupiah, yang dimulai pembangunannya pada tahun 2019 lalu, hingga kini masih belum dapat digunakan. Padahal, puluhan miliar dana telah terserap ke pembangunan gedung yang dirancang futuristik tersebut.

Saat itu, pembangunan gedung perpustakaan daerah ini dibangun pada masa kepemimpinan Gubernur M. Ridho Ficardo, dengan anggaran Rp62,2 miliar di Dinas Cipta Karya dan Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung, yang dimenangkan oleh PT Manggala Wira Utama (MWU). Sementara, pada tahun 2018, proyek ini gagal dilaksanakan.

Pada tahun 2020 hingga 2021, lantaran pandemi Covid-19, proyek ini mengalami refocussing anggaran yang menyebabkan tidak adanya alokasi untuk menyelesaikan proyek yang ternyata hingga saat ini masih belum rampung.

Pasca pandemi, pemerintah daerah mulai mengalokasikan kembali pada APBD-Perubahan tahun 2022 senilai Rp5,9 miliar. Dan diharapkan pengerjaannya tidak akan mangkrak lagi.

Saat cek lokasi, Anggota Fraksi PKS DPRD Lampung, Ade Utami Ibnu, berharap dengan dialokasikannya anggaran untuk kelanjutan gedung perpustakaan daerah Lampung yang berada di Jalan Z.A Pagar Alam, Kedaton, Bandar Lampung ini, tidak lagi mangkrak. Sehingga gedung yang dirancang dengan sangat megah, mewah, dan futuristik, serta menjadi ikon dapat segera digunakan.

Diungkap, pada tahun 2022 ini melalui APBD-P, Pemprov Lampung telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp5,9 miliar untuk penyempurnaan fasilitas di lantai 1 dan 2. “Masih banyak fasilitas yang harus disempurnakan,” ungkap Ade.

Untuk itu, ia kembali mendorong pembahasan APBD tahun 2023 mendatang, agar anggaran dapat lebih memadai guna penyempurnaan fasilitas yang semakin baik. “Tahun 2023 semoga dapat diresmikan,” harapnya. (*)